Rabu, 18 April 2012

Metodologi Pengajaran Iqra

Diniyah sebagai basis terdepan dalam  pendidikan agama di lingkungan masyarakat punya kewajiban untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Quran pada anak didik, maka sebagai pembinaan dasar terhadap anak adalah menggunakan metode Iqra yaitu prinsip-prinsip tentang cara pengajaran dan pendekatan dalam memberikan bimbingan membaca dan menggunakan Iqra.
metodologi pengajarannya adalah:
1. Membaca lagsung
    Maksudnya pengucapan bunyi huruf yang sudah diberi tanda baris (harakat) dengan bunyi /lafadz yang             dihasilkan dari perpaduan huruf dan tanda barisnya itu, tanpa dieja, artinya tanpa didahului dengan pengenalan nama-nama huruf dan  tanda-tanda baris sebagaimana dianut oleh metode lama.
2. Anak Didik Aktif.
    Pesera didik diposisikan sebagai subyek atau sebagai individu yang punya potensi yang dapat dioptimalkan sendiri dengan tanpa banyak di tuntun, peran guru lebih banyak menyimak daripada menuntun.
3. Cara Privat
    Dalam kegiatan belajar mengajar siswa berhadapan langsung dengan pihak guru sehingga guru menyimak satu persatu dan dapat mengetahui ketepatan dan kedisiplinan bacaan secara langsung dapat diketahui.
4. Asistensi
    Yang dimaksud dengan asistensi yaitu siswa senior atau yang sudah lancar membacanya dilibatkan untuk berperan aktif memberikan bimbingan kepada siswa yang belum lancar membacanya atau siswa yang Iqranya masih dibawah siswa senior, ini diterapkan untuk mengatasi jika guru berhalangan hadir atau ada kepentingan mendadak.
4. Modulasi
    Buku Iqra yang dibagi dalam 6 jilid, masing-masing jilid dibagi lagi dalam beberapa topik tertentu dengan disertai evaluasi, pembagian jilid ini merupakan modul pengajaran yang harus diselesaikan oleh siswa secara individu sehingga kenaikan prestasi masing-masing siswa akan berbeda waktu yang diperlukan untuk menamatkan buku Iqra.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar