Minggu, 29 April 2012

Methode Quantum Learning

BELAJAR merupakan sebuah proses untuk mencari, menemukan dan mendapatkan informasi baru. Kegiatan belajar mengajar di kelas tidak terlepas dari interaksi antara siswa dengan guru. Guru harus dapat menjadi seorang fasilitator yang hebat bagi siswanya dalam melaksanakan proses belajar mengajar. Pencetus utama pembelajaran Quantum adalah Bobbi De Porter, prinsip pembelajaran Quantum untuk pertama kali diterapkan di sekolah bisnis Burklyn tahun 1970.

Menurut Bobbi De Porter, Quantum Learning didefinisikan sebagai interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya. Bisa diartikan, potensi manusia seperti Quantum yang dapat diubah menjadi energi yang luar bisaa. Quantum Learning merupakan sebuah cara belajar yang lebih aman dan menyenangkan. Konsepnya sederhana, namun jika berhasil diterapkan bisa berdampak luar biasa.

Dalam penerapan metode ini melibatkan banyak unsur dalam belajar, seperti penataan fisik lingkungan belajar, penyajian musik yang mengiringi proses belajar mengajar berlangsung, komunikasi yang baik antara guru dan siswa serta penggunaan media audio visual. Menurut Quantum Learning, semua panca indera harus dilibatkan dalam proses belajar, karena pembelajar.an yang berlangsung dengan menyenangkan dapat mendorong kemampuan otak untuk menyerap lebih banyak informasi dengan baik.

Langkah-langkah pembelajaran dalam Quantum Learning yakni; Pertama, membangkitkan motivasi denganAMBAK (Apa Manfaatnya Bagiku?). Kedua, menata lingkungan belajar yang kondusif. Ketiga, mengenali dan menemukan gaya belajar (visual, auditorial, kinestetik). Keempat, membiasakan membaca. Kelima, membuat catatan yang efektif. Keenam, mengembangkan kekuatan memori. Ketujuh, jadikan siswa lebih kreatif. Kedelapan, memupuk sikap juara

Para guru sangat perlu meningkatkan penerapan metode ini pada proses belajar mengajar di sekolah agar kualitas pembelajaran lebih efektif dan efisien. Mengajarkan Quantum Learning pada siswa sangat penting, karena dapat meningkatkan kualitas belajar siswa. Dengan kualitas belajar yang lebih baik diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan prestasi yang lebih baik pula. q - m

Tidak ada komentar:

Posting Komentar